705140146
ARTIKEL JURNAL
Judul
Jurnal : Efektivitas Musik Klasik
Dalam Menurunkan Kecemasan Matematika
(Math
Anxiety) Pada Siswa Kelas XI.
Subjek : Siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta
Kelas XI Jurusan IPS.
Metode Penelitian : Melakukan survei terhadap 115 siswa
kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta.
Dengan menggunakan metode eksperimen
murni pretest-posttest control group
design, yang menggunakan musik klasik sebagai tolak ukur untuk mengatasi
kecemasan terhadap matematika.
Di dalam jurnal ini membahas tentang
permasalahan siswa SMA yang merasa cemas saat belajar matematika. Banyak
sekali pendapat-pendapat tokoh yang mengemukakan tentang kecemasan matematika.
Dari seluruh pendapat yang ada, para tokoh berpendapat bahwa kecemasan
matematika adalah kekhawatiran dan ketakutan terhadap mata pelajaran matematika
yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal seseorang.
Model
Kontruksi Teori
1.
Model
Korespondensi
Musik
klasik yang temponya lambat dapat merelaksasikan tubuh dan pikiran manusia atau
subjek sehingga mereka lebih fokus saat belajar matematika sehingga otak lebih
cepat merangsang untuk memecahkan soal-soal matematika.
2.
Model
Koherensi
Beradasarkan
hasil penelitian, bahwa musik klasik memberikan efek positif bagi pendengarnya
saat belajar matematika.
3.
Model
Paragdimatis
Musik klasik
bisa membeantu menurunkan kecemasan saat belajar matematika.
Jenis
Konfirmasi
- Decision theory
Musik klasik bisa membantu menurunkan
kecemasan. Pada sebagian orang musik klasik dapat membantu merelaksasikan diri
dan pikiran, tetapi ada juga yang tidak. Dalam jurnal ini mencoba membahas
manfaat dari musik klasik terhadap kecemasan saat belajar matematika.
- Estimation theory
Berdasarkan data skor pada hasil
penelitian dapat dilihat bahwa KE meiliki skor lebih tinggi sedikit jika
dibandingkan dengan KK. Karena hasilnya
tidak memenuhi syarat pengujian statistik parametrik, maka peneliti lalu
menguji kembali menggunakan pengujian statistik nonparametrik.
- Reliability theory
Setelah mendapatkan hasil yang kedua,
hasil uji wilcoxon menunjukkan taraf signifikansi uji beda data antara skor
skala kecemasan pada pretest dan posttest pada KE atau perlakuan yang
diterima KE efektif untuk menurunkan kecemasan matematika.
Jurnal ini menggunakan metode
observasi dan wawancara dilakukan untuk melakukan konfirmasi hasil penelitian
kualitatif dan penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian di dalam
jurnal, jurnal ini menggunakan metode kuantitatif berdasarkan data atau skor
dari hasil penelitian Pretest dan Posttest dari tabel perbandingan di
dalam jurnal.
Jadi,
dari berbagai pendapat para tokoh dan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan
bahwa dari sekian banyak cara untuk mengatasi kecemasan matematika, musik
klasik merupakan cara paling ampuh untuk menurukan skor kecemasan matematika
pada anak sekolah.
blognya bagus lit, kesannya simple dan minimalis 85 ya
BalasHapuslit juga pos jurnal wew... 90 deh buat litha... sekalian jelasin ke gw kontruksi ma konfirmasi dong (line gw). > ,<
BalasHapuslit blogmu bagus banget lengkap dan menarik heheee 90 ;))) semangat terus yaaa
BalasHapus