open your mind for a new knowledge

Senin, 22 September 2014

Posted by Litha in | 14.06 3 comments

Litha Sari Arfina Pane
705140146
ARTIKEL JURNAL
Judul Jurnal              : Efektivitas Musik Klasik Dalam Menurunkan Kecemasan Matematika
          (Math Anxiety) Pada Siswa Kelas XI.
Subjek                    : Siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta Kelas XI Jurusan IPS.
Metode Penelitian  : Melakukan survei terhadap 115 siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Dengan  menggunakan metode eksperimen murni  pretest-posttest control group design, yang menggunakan musik klasik sebagai tolak ukur untuk mengatasi kecemasan terhadap matematika. 

Di dalam jurnal ini membahas tentang permasalahan siswa SMA yang merasa cemas saat belajar matematika. Banyak sekali pendapat-pendapat tokoh yang mengemukakan tentang kecemasan matematika. Dari seluruh pendapat yang ada, para tokoh berpendapat bahwa kecemasan matematika adalah kekhawatiran dan ketakutan terhadap mata pelajaran matematika yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal seseorang.

Model Kontruksi Teori
1.    Model Korespondensi
Musik klasik yang temponya lambat dapat merelaksasikan tubuh dan pikiran manusia atau subjek sehingga mereka lebih fokus saat belajar matematika sehingga otak lebih cepat merangsang untuk memecahkan soal-soal matematika.
2.    Model Koherensi       
Beradasarkan hasil penelitian, bahwa musik klasik memberikan efek positif bagi pendengarnya saat belajar matematika.
3.    Model Paragdimatis              
Musik klasik bisa membeantu menurunkan kecemasan saat belajar matematika.


Jenis Konfirmasi

  • Decision  theory 
Musik klasik bisa membantu menurunkan kecemasan. Pada sebagian orang musik klasik dapat membantu merelaksasikan diri dan pikiran, tetapi ada juga yang tidak. Dalam jurnal ini mencoba membahas manfaat dari musik klasik terhadap kecemasan saat belajar matematika.
  • Estimation theory

Berdasarkan data skor pada hasil penelitian dapat dilihat bahwa KE meiliki skor lebih tinggi sedikit jika dibandingkan dengan KK.  Karena hasilnya tidak memenuhi syarat pengujian statistik parametrik, maka peneliti lalu menguji kembali menggunakan pengujian statistik nonparametrik.
  • Reliability theory
Setelah mendapatkan hasil yang kedua, hasil uji wilcoxon menunjukkan taraf signifikansi uji beda data antara skor skala kecemasan pada pretest dan posttest pada KE atau perlakuan yang diterima KE efektif untuk menurunkan kecemasan matematika. 

Jurnal ini menggunakan metode observasi dan wawancara dilakukan untuk melakukan konfirmasi hasil penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian di dalam jurnal, jurnal ini menggunakan metode kuantitatif berdasarkan data atau skor dari hasil penelitian Pretest dan Posttest dari tabel perbandingan di dalam jurnal.
Jadi, dari berbagai pendapat para tokoh dan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari sekian banyak cara untuk mengatasi kecemasan matematika, musik klasik merupakan cara paling ampuh untuk menurukan skor kecemasan matematika pada anak sekolah.

3 komentar:

  1. blognya bagus lit, kesannya simple dan minimalis 85 ya

    BalasHapus
  2. lit juga pos jurnal wew... 90 deh buat litha... sekalian jelasin ke gw kontruksi ma konfirmasi dong (line gw). > ,<

    BalasHapus
  3. lit blogmu bagus banget lengkap dan menarik heheee 90 ;))) semangat terus yaaa

    BalasHapus

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter