open your mind for a new knowledge

Minggu, 21 September 2014

Posted by Litha in | 15.20 No comments

Hallo Bloggers ^^

Hari ini saya kembali memposting informasi mengenai filasafat. Kali ini saya akan membahas tentang cabang-cabang lain dari filsafat yaitu Epistemologi dan Teori tentang Kebenaran. So, pantau terus informasi-informasi tentang filsafat. Enjoy with my blog ^^

      A.    Epistemologi

Epistemologi berasal dari bahasa Yunani yaitu episteme yang berarti pengetahuan dan logos yang berarti ilmu. Epistemologi adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan asal, sifat, karakter, dan jenis pengetahuan. Epistemologi atau Teori Pengetahuan pada hakikatnya berhubungan dengan pengetahuan, pengadaian, dan dasar-dasar serta tanggung jawab. Nah, pengetahuan itu sendiri diperoleh dari beberapa metode, yaitu metode induktif, metode dedukti, metode positivisme, metode kontemplatis dan metode dialektis.
Di dalam epistemologi ada beberapa pendekatan. Pendekatan-pendekatan tersebut, yakni:

  • Empirismeadalah suatu cara atau metode dalam filsafat yang berdasarkan cara memperoleh pengetahuan melalui pengalaman. Salah satu tokoh yang ternama pada pendekatan ini adalah John Locke. Bapak empiris mengatakan bahwa manusia yang lahir akalnya merupakan catatan kosong “Tabula Rasa” dan melalui pengalamanlah manusia mengisi catatan itu dengan pengalaman.  

  • Rasionalisme ialah pemikiran yang menggunakan akal sehat terhadap sesuatu hal. Para tokoh yang menganut pendekatan ini percaya bahwa kebenaran dan kesesatan itu berasal dari pemikiran diri kita sendiri.
  • Fenomenalisme dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang gejala-gejala (phenomenon). Bapak fenomenalisme adalah Immanuel Kant.
    Immanuel Kant
  • Dialektis adalah logika yang mengajarlan kaidah-kaidah atau metode penuturan serta analisis sistematik tentang ide-ide untuk mencapai apa yang terkandung dalam pandangan.

Sifat Epistemologi
  •  Kritis: mempertanyakan cara kerja, data, atau kesimpulan yang ditarik dalam kognitif manusia 
  • Normatif: tolak ukur tentang kebenaran penegtahuan.
  • Evaluatif: menilai apakah suatu keyakinan atau pendapat bisa dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya, saya akan membahas tentang Kebenaran.
      B.     Kebenaran

Kebenaran adalah sesuatu nilai utama yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Banyak tokoh-tokoh filsafat yang meengemukakan pendapat tentang kebenaran, diantaranya adalah Plato dan Aristoteles. Kaum positivisme logis membagi kebenran menjadi dua, yaitu kebenaran faktual (kebenaran tentang ada atau tidaknya faktual yang ada didunia ini) dan kebenaran nalar (kebenaran yang bersifat tautologi yang tidak menambah pengetahuan, tapi dijadikan sarana yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia ini). 

Ada beberapa teori-teori kebenaran, yaitu:
  • Teori  korespondensi : Kebenaran akan terjadi apabila subjek  yakin bahwa objek sesuai dengan kenyataan dan bersifat subjektif. Contoh: bunga melati berwarna putih dan berbau harum.
  • Teori  koherensi : Kebenaran akan terjadi apabila ada kesesuaian pendapat dari beberapa subjek terhadap objek. Contoh : Teman-teman mengatakan bahwa saya adalah orang yang penyayang. 
  • Teori  pramatik : Kebenaran akan terjadi apabila sesuatu memiliki kegunaannya. Contoh :  Penghangat ruangan dgunakan untuk menstabilkan suhu ruangan saat musim dingin tiba.
  • Teori  konsensus : Kebenaran konsensus akan terjadi apabila ada kesepakatan yang disertai  alasan tertentu.Contoh : Sofa itu bagus, maka Pak Hadi dan Bu Siti membelinya.
  • Teori  semantik : Kebenaran semantik akan terjadi apabila orang mengetahui dengan tepat tentang arti suatu kata. Contoh : Saya dapat memahami dengan benar dan tepat tulisan di Jurnal Wacana mengenai hubungan masyarakat dengan lingkungan sosial budaya

Nah, itulah ilmu yang dapat saya bagikan ke para bloggers hari ini semoga bermanfaat ya!!. Ikuti terus postingan-postingan yang akan saya update setiap harinya ^^  Silahkan memberi saran, kritik dan penilaian para bloggers ya, karena itu sangat membantu agar saya dapat lebih baik lagi. Thanks for visiting my blog ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter