open your mind for a new knowledge

Kamis, 25 September 2014

Posted by Litha in | 21.55 No comments

Halo semua........
Saya akan memposting tentang lanjutan dari filsafat manusia. Saya akan membahas apa itu Badan dan Jiwa dalam Filsafat Manusia. So, saya langsung bahas aja ya karena saya yakin kalian passti pada gak sabar dan bertanya-tanya apa sih lanjutannya? So, selamat membaca ya.....

Filsafat Manusia: Badan dan Jiwa

Badan dan jiwa adalah satu kesatuan yang membentuk pribadi manusia. Kesatuan keduanya membentuk keutuhan pribadi manusia. Ada dua aliran yang melihat badan dan jiwa secara bertolak belakang, yaitu Monoisme dan Dualisme

Monoisme adalah aliran yang menyatakan bahwa badan dan jiwa itu adalah satu kesatuan. 
Ada tiga bentuk aliran lagi dari monoisme ini ssendiri, yakni:
  1. Materialisme adalah menempatkan materi sebagai dasar bagi segala hal yang ada (Fisikalisme). Manusia bersumber pada materi dan tidak dapat melampaui potensi jasmaninya. Jiwa itu tidak mempunyai eksistensi. Eksistensi jiwa bersifat kronologis.   
  2.  Teori identitas adalah menekankan hal yang berbeda dari materialisme, tapi mengakui aktivitas mental manusia. Letak perbedaan jiwa dan badan hanya pada arti bukan referensi (panduan atau acuan)  Badan dan jiwa merupakan dua elemen yang sama.
  3. Idealisme adalah haal yang tidak dapat diterangkaan semata-mata berdasarkan materi, sperti pengalaman, nilai, dan makna. Rene Descartes dengan "Cogito Ergosum" menjadi letak dasar dari idealisme.
 
\Rene Descartes
Dualisme adalah badan dan jiwa itu berbeda dan terpisah bukan merupakan satu kesatuan. Ada 4 cabang dalam aliran ini, yakni:

  1. Interaksionisme: fokus pada hubungan interaksi atau timbal balik antara tubuh dan jiwa. Peristiwa mental bisa menyebabkan peristiwa badani dan sebaliknya.
  2. Okkasionalisme: memasukkan dimensi ilahi dalam membicarakan hubungan badan dan jiwa, hubungan mental dan fisik bisa terjadi campur tangan ilahi.
  3. Paralelisme: sistem kejadian ragawi terdapat di alam, sedangkan sistem kejadian kejiwaan ada pada jiwa manusia. Dalam diri manusia ada 2 peristiwa yang berjalan seiring yaitu peristiwa mental dan fisik.
  4. Epifenomenalisme: melihat hubungan jiwa dan badan dari fungsi saraf.
Badan Manusia
Badan adalah elemen mendasar dalam bentuk pribadi manusia. Pandangan tradisional, badan adalah kumpulan berbagai entitas material yang membentuk makhluk. Mekanisme gerakan bersifat mekanistik. Membicarakan tubuh adalah membicarakan diri (Gabriel Marcel).

Gabriel Marcel
Hakikatnya badan manusia bukan terletak di dalam dimensi materialnya, tapi di dalam seluruh aktivitas entitas yang terjadi dalam badan. 

Jiwa Manusia 
Jiwa manusia adalah badan manusia tidak memiliki apa-apa tanpa jiwa. Dalam pandangan tradisional, jiwa adalah makhluk halus, tidak bisa ditangkap indera. Konsep ini menempatkan jiwa diluar hakikat manusia. Jiwa harus dipahami sebagai kompleksitas kegiatan mental manusia.

James P Pratt, menunjukkan ada 4 kemampuan dasar jiwa manusia, yakni:
  • menghasilkan kualitas penginderaan
  • menghasilkan makna dari penginderaan khusus
  • memberi tanggapan terhadap hasil penginderaan
  • memberi tanggapan terhadap proses yang terjadi dalam pemikiran demi kebaikan 

 
James P Pratt

St. Agustinus, mengatakan bahwa manusia hanya bisa melakukan penilaian terhadap tindakannya karena dorongan diri jiwa. Pratik moral sehari-hari adalah tanda berfungsinya jiwa dalam diri seseorang.

Santo Agustinus

Simpulan 
Realitas manusia - realitas prinsipal terbentuk dari dua elemen, yaitu material dan spiritual. Badan-Jiwa adalah satu kesatuan yang membentuk eksistensi manusia. Jiwa tidak bisa berfungsi dengan baik apabila tidak ada badan. Badan manusia bukan mekanistik, tetapi dinamika dari jiwa itu sendiri.

Itu dia, materi yang dapat saya sharingkan kepada kalian hari ini, semoga bisa memahami apa itu badan dan apa itu jiwa. Selanjutnya saya akan membahas tentang tugas mengenai Badan dan Jiwa dalam bentuk dialog imajinatif, so stay turn ya di blog saya. Semoga bermanfaat buat kalian semua ya..... See you in the next time and enjoy with my blog ^^ Jangan lupa kritik, saran, comment dan penilaian kalian tentang blog dan materi yang saya post, thanks ya.....

Sumber:
http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/73/Frans_Hals_-_Portret_van_Ren%25C3%25A9_Descartes.jpg&imgrefurl=http://en.wikipedia.org/wiki/Ren%25C3%25A9_Descartes&h=248&w=203&tbnid=lSgymyVLJ9ikIM:&zoom=1&tbnh=186&tbnw=152&usg=__cOWZ-UyzErj5QIaAwG8UDShqhVE=&docid=wPNxhlLm16M1MM&itg=1&ved=0CIkBEMo3&ei=nyAkVIV6lIa4BMC8gYgB 
https://www.google.co.id/search?q=gambar+gabriel+marcel&biw=1366&bih=633&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=mSQkVM6nAo-xuATU54H4Bw&ved=0CAYQ_AUoAQ#imgdii=_ 
https://divinity.uchicago.edu/sites/default/files/imce/augustinelarge.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirFleOTkt7R19fJvpoey0XjLJszUIi0SQIOZawf8wZWyppYJ_sXuF5tKoerG3xZcX8hyury3HxHBO-d7eVYiOijsBAZlY5RGgZltwNwQWY6GzNg2sapM4MBs4Nze43gUlr7wBTZFqO6Ziw/s400/Parley_P_Pratt+2.jpg 
Power Point by Dr. Raja Oloan Tumanggor

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter